Home » , , » Jenis Batu Cincin : Batu Tapak Jalak

Jenis Batu Cincin : Batu Tapak Jalak


Batu Akik Tapak Jalak ialah salah satu batu akik yang menjadi pujaan bagi para penggemar batu akik di Indonesia. Diberi nama Batu Akik Tapak Jalak karena merupakan batu yang memiliki motif palang melintang terhadap permukaan batu, palang itu tembus ke bidang belakang permukaan batu membelah batu jadi empat bidang yang sama lebarnya. Ketika diberi cahaya dari belakang, palang yang melintangi batu ini akan tertembus cahaya tersebut. Batu Akik Tapak Jalak  dengan kualitas terbaik bakal menunjukan garis palang yang dapat ditembus cahaya dengan sempurna. Dengan keindahan yang dimiliki itu, batu jenis ini menjadi salah satu buruan paling dicari oleh para kolektor batu akik.


Selain karena keindahannya itu, bagi sebagian orang batu tapak jalak ini dipercaya memiliki daya magis yang sangat kuat. Konon kabarnya, daya magis dalam batu ini mampu meningkatkan kekuatan pemakainya. Dalam sejarahnya, batu ini digunakan untuk keperluan peperangan, para prajurit dan jendral sering memakai batu ini di medan perang karena dipercaya dapat meningkatkan kekuatan juga melindungi pemakainya. Terlepas dari kepercayaan akan kekuatan magisnya itu, batu tapak jalak memang sangat menawan dengan keindahan dan keunikan yang dimilikinya.



Sebenarnya batu tapak jalak bisa berasal dari batu jenis apa saja, asalkan memiliki pola garis bersilang yang membelah pola di batunya. Namun kebanyakan batu tapak jalak berasal dari jenis agate, terutama jenis jasper chalcedony. Batu tapak jalak merupakan salah satu batu akik paling langka, karena pola garis menyilang dalam batu yang sangat jarang ditemukan. Tapak jalak juga merupakan salah satu batu akik paling populer dan legendaris di kawasan Nusantara. Sejak zaman kerajaan dahulu batu ini telah memiliki tempat spesialbagi para pecinta batu akik. Menilik beberapa fakta itu, tak heran harga batu tapak jalak ini cukup tinggi. Bahkan untuk batu dengan cerita magis yang secara akal sangat tidak rasional di banderol dengan harga super tinggi, yakni lebih dari 100 juta. Bagi anda yang percaya dengan hal-hal magis mungkin harga sebesar itu sangat pantas, namun bagi yang tidak percaya pasti akan geleng-geleng kepala. Bagi anda yang berminat untuk membeli natu jenis ini, harap untuk berhati-hati, karena telah banyak beredar batu tapak jalak palsu yang dibuat para pedagang.

0 komentar:

Post a Comment