Home » , , » Jenis Batu Cincin : Bacan Merah Obi

Jenis Batu Cincin : Bacan Merah Obi


Satu lagi jenis batu permata asal maluku yang kepopulerannya kian hari kian menanjak, batu permata ini adalah jenis bacan merah obi. Batu Obi merupakan kategori batu mulia atau permata asal pulau obi, Halmahera, Maluku Utara, yang sangat bermutu dan juga mempunyai potensi hebat sebagai permata berkelas internasional, mengingat batu permata yg dihasilkan dari penambangan penduduk setempat pada waktu ini.


Menurut salah satu investor lokal, bahwa faktanya batu bacan merah obi yg sekarang ini sedang ditambang oleh penduduk setempat, baru dianggap sebagai bagian kulit batuan mulia, proses penambangannya belum masuk ke dalam bagian inti batu permata merah obi yang sebenarnya.

Maka dari itu, bila batuan mulia yg kini sedang ditambang baru berupa bagian kulit luar dari inti batuan, berarti di dalamnya ada inti batu permata obi yg sangat bermutu, maka batu mulia bacan merah obi ini diprediksikan mampu menjadi salah satu batu mulia primadona di perdagangan batu permata internasional. 

Sebenarnya sekarang ini, tipe batu bacan merah obi ini sudah banyak menjadi incaran kolektor batu permata internasional, bahkan harga batu bacan obi ini sudah mengalami kenaikan yang sangat pesat, meskipun tetap belum dapat mengalahkan harga batu bacan doko yg paling sering jadi incaran pecinta batu permata lokal maupun internasional. 

Sejauh ini Halmahera benar-benar telah dikenal sebagai penghasil batu permata bertaraf internasional, seperti Batu Bacan doko dan bacan palamea, bahkan batu ini sudah jadi salah satu batu permata populer asal Indonesia. Di Korea batu bacan asal halmahera ini dikenal dengan nama pasar Green Jade, sehingga masuk ke dalam deretan batu bernilai sangat tinggi di pasar perdagangan batu permata internasional.



Batu merah Obi ini banyak juga disebut dengan nama batu bacan obi, namun sebenarnya kedua jenis batu ini meski berasal dari daerah yang sama namun memiliki karakteristik yang berbeda. Batu bacan (baik jenis bacan doko maupun palamea) dikenal para penggemarnya sebagai batu yang bernyawa, karena dari waktu ke waktu batu ini dapat berproses untuk berubah warna. Sedangkan batu bacan merah obi tidak demikian, warnanya akan tetap sama sepanjang waktu. Namun karena warna merahnya yang spesial, batu bacan merah obi menarik minat banyak pecinta dan kolektor batu permata Indonesia maupun mancanegara.

Seiring dengan makin populernya batu bacan merah obi ini, permintaan pasar pun kian meningkat, dan hartganya otomatis makin melambung tinggi. Untuk batu ukuran mata cincin saja harganya dapat mencapai jutaan rupiah. Harga yang tingi ini ternyata tak menjadi persoalan bagi penggemar dan pecinta batu permata ini, batu merah obi kian hari kian banyak diburu oleh para kolektor. Bagaimana, tertarik untuk memiliki batu permata merah nan elegan ini?

0 komentar:

Post a Comment