Home » , , » Jenis Batu Akik yang Populer di Indonesia

Jenis Batu Akik yang Populer di Indonesia


Saat ini, batu akik benar-benar sedang mengalami popularitas yang sangat fenomenal di Indonesia. Dari mulai anak-anak, remaja, hingga orang dewasa sedang tergila-gila memakai cincin dengan batu akik nan indah di jari tangan. Maka tak heran, penjualan batu permata mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Mengikuti fenomena batu akik yang populer, kali ini penulis akan memberikan sedikit informasi tentang jenis-jenis batu akik yang populer di Indonesia. Inilah dia beberapa batu akik yang sedang sangat digilai para pecinta batu permata Indonesia.


Batu kecubung dikabarkan merupakan batu yang sering dipakai oleh para bangsawan kerajaan Nusantara jaman dahulu. Batu ini bahkan pernah dianggap lebih berharga dari berlian. Kecubung paling populer di kalangan para kolektor batu permata adalah kecubung berwarna ungu. Batu cincin ini dipercaya dapat meningkatkan wibawa dan pesona pemakainya.

Batu indah berwarna hijau ini mulai menanjak popularitasnya saat dikabarkan dipakai presiden Amerika Barrack Obama di jari tangannya. Batu indah ini berasal dari kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat. Saat ini popularitasnya makin meningkat seiring dengan makin banyaknya kolektor yang menginginkan batu sungai dareh.

Kalimaya atau dikenal juga dengan nama oval paling populer di Indonesia berasal dari Banten. Batu kalimaya memiliki keunikan dapat memancarkan beragam warna manakala diberi cahaya. Kalimaya begitu populer di kalangan pecinta batu cincin Indonesia.

Batu topaz memiliki keindahan yang mempesona untuk dipakai di jari anda. Topaz memiliki kekerasan mineral yang cukup baik. Namun meskipun cukup keras, topaz rentan mengalami kerusakan bila mendapat benturan yang sangat keras ataupun mengalami perubahan suhu udara yang ekstrem. Maka dari itu perlu usaha ekstra untuk menjaga batu nan indah ini.

Batu ruby atau juga dikenal dengan nama merah delima adalah salah satu batu permata paling populer saat ini. Warnanya yang bervariasi dari warna merah muda hingga merah darah banyak memikat para pecinta batu permata nusantara. Warnanya yang khas memberikan kesan elegan dan mewah bagi para pemakai cincin dengan batu permata ruby.

Batu permata jenis ini memiliki warna utama yang bervariasi dari hijau muda hingga hijau tua. Di dunia internasional batu hijau ini lebih dikenal dengan nama batu emerald. Negara penghasil batu zamrud dengan kualitas tinggi antara lain Kolombia, Siberia, Afrika Selatan, dan Australia.

  • Batu Safir


Safir memiliki beraneka warna yang mampu memikat banyak orang. Keindahan batu safir begitu populer di kalangan pecinta batu permata. Batu safir paling populer dan memiliki harga jual paling tinggi adalah safir berwarna biru atau lebih dikenal dengan nama blue safir.

  • Batu Bacan


Batu bacan banyak disukai karena proses perubahannya yang berlangsung dari waktu ke waktu. Batu yang berasal dari kepulauan maluku ini memiliki beberapa jenis, antara lain bacan doko, palamea, dan bacan merah obi. Batu cincin nan indah ini sangat populer di Indonesia, sehingga banyak diburu oleh para kolektor dan pecinta batu permata.

0 komentar:

Post a Comment