Home » , » Batu Borneo yang Mulai Menggeliat (Merah Kalimantan)

Batu Borneo yang Mulai Menggeliat (Merah Kalimantan)


Kini, tren batu akik sedang beralih ke batu-batu jenis baru namun langka seperti batu yang satu ini, yakni batu red borneo. Batu red borneo yang banyak disebut sebagai batu ruby kalimantan kini mulai menggeliat pamornya, bahkan hingga kolektor batu akik negara tetangga pun ikut memburu batu red borneo langsung ke daerah asalnya. Mengapa mereka tidak membeli dari Jakarta saja, menurut salah satu pemburu batu red borneo asal Malaysia, harga batu red borneo yang di jual di Jakarta bisa dua kali lipat daripada harga di pulau kalimantan, maka dari itu mereka lebih memilih berburu langsung ke jantungnya.


Warnanya yang merah jambu, dengan banyak serat dan tekstur unik membuat batu red borneo sangat disukai para kolektor. Pamornya dari hari ke hari kian menanjak, apalagi beberapa waktu belakangan, batu red borneo mulai banyak memenangkan kompetisi batu akik tingkat nasional. Mungkin pergeseran ini dikarenakan masyarakat mulai bosan dengan batu populer yang itu-itu saja, maka dari itu kini perburuan batu akik mulai beralih ke batu-batu jenis baru yang memiliki kualitas dan keistimewaan yang luar biasa.


Harga bongkahan batu red borneo kualitas super cukup mahal, per kilonya bisa mencapai jutaan rupiah. Untuk batu yang sudah jadi juga cukup mahal, harganya bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah, masih terjangkau lah untuk kalangan menengah ke atas. Untuk batu red borneo dengan kualitas dan keunikan yang spesial, harganya bisa jadi melambung tinggi. Konon beberapa waktu belakangan, kolektor batu akik asal Malaysia memburu batu red borneo yang harganya mencapai 1 miliar rupiah!
Baca juga informasi menarik lainnya seputar batu akik, seperti mitos batu merah delima,  popularitas batu akik pandansejarah batu bacan, dan banyak lagi informasi batu akik lainnya. Baca juga tips-tips mengenai batu akik, semoga bermanfaat.

2 komentar: