Home » , , » Batu Akik Lokal Berkualitas : Pancawarna Garut

Batu Akik Lokal Berkualitas : Pancawarna Garut


Garut dikenal sebagai salah satu kota penghasil batu akik yang sangat berkualitas. Beberapa jenis batu akik asal garut yang sangat terkenal antara lain, batu pancawarna, ijo garut, dan bungbulang. Dari sekian banyak jenis batu populer asal garut, batu pancawarna merupakan salah satu yang paling spesial. Pancawarna memiliki keunikan tersendiri, yakni memiliki serat-serat warna yang berbeda-beda dalam setiap batunya. Tak jarang, batu pancawarna dengan pola unik dan indah dihargai dengan harga yang sangat tinggi untuk ukuran batu akik.


Sejak fenomena batu akik mengguncang tanah air, Garut menjadi salah satu kota yang kebanjiran wisatawan pemburu batu akik dari berbagai daerah. Kebanyakan dari para pemburu batu akik ini mencari bongkahan maupun batu pancawarna siap pakai yang memiliki corak dan pola yang unik dan langka. Batu pancawarna memang populer sejak zaman dahulu kala. Pada masa kerajaan, batu pancawarna sering dipakai oleh para bangsawan dan komandan-komandan pasukan perang, karena batu pancawarna garut dikenal memiliki khasiat dapat meningkatkan kewibawaan pemakainya, serta menambah kharisma sang empunya.


Selain sering digunakan sebagai batu cincin, pancawarna garut juga sangat cocok untuk dijadikan pemanis perhiasan lainnya, seperti bandul untuk kalung. Jika anda berniat untuk membeli bongkahan batu pancawarna Garut, perhatikanlah keunikan warna yang ada dalam bongkahan batu yang anda beli. Semakin banyak pola dan warna yang terdapat pada batu, semakin spesial pula batu tersebut, dan akan semakin mahal pula harganya. Usahakan untuk membeli bongkahan dalam ukuran yang lumayan besar, agar saat dipotong dan dibuat batu cincin, anda akan dapat memiliki beberapa pola dan corak unik yang sesuai dengan selera anda. Batu pancawarna memang batu akik lokal asli Indonesia, namun batu ini memiliki kualitas dan keindahan yang tak kalah dengan batu akik asal luar negeri.

0 komentar:

Post a Comment