Home » , » Jenis Batu Cincin : Kecubung

Jenis Batu Cincin : Kecubung


Batu ametis atau di Indonesia lebih dikenal dengan nama batu kecubung adalah batu berjenis mineral kuarsa. Batu yang biasanya memiliki warna ungu hingga merah muda ini merupakan batu kelahiran bagi orang-orang yang lahir di bulan februari. Zaman dahulu kala saat kerajaan-kerajaan di Indonesia mengalami masa kejayaan, batu kecubung berwarna ungu sering dipakai oleh para raja dan ratu, maka dari itu hingga kini pun batu kecubung masih memiliki kelasnya sebagai salah satu batu yang elegan untuk dipakai. Di Indonesia, batu kecubung adalah salah satu batu cincin paling populer dan banyak diburu para kolektor. Keindahan warna batu kecubung merupakan faktor yang membuat batu ini sangat populer. Bahkan dalam sejarahnya, batu ini pernah dianggap lebih mahal dari berlian. Btu kecubung memiliki struktur heksagonal kristal, batu ini banyak ditemukan di Brazil, Madagaskar, Sri Lanka, Rusia, India, dan USA. Di Indonesia sendiri, batu kecubung banyak ditemukan di Kalimantan.

Kecubung Kalimantan

Kecubung Wulung

Kecubung Air

Beberapa jenis batu kecubung yang sangat populer dan layak anda koleksi antara lain adalah kecubung kalimantan, kecubung wulung, dan kecubung air. Harga batu kecubung sendiri lumayan tinggi, karena popularitas dan keindahannya. Selain itu, kualitas dan kelangkaan juga turut mempengaruhi harga jual batu kecubung. Di pasaran, harga batu kecubung berkisar dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah. Menurut beberapa sumber, batu kecubung memiliki berbagai khasiat dan manfaat bagi pemakainya. Khasiatnya antara lain meningkatkan pesona diri dengan memberikan energi positif yang akan mengeluarkan inner beauty pemakainya.  Selain itu, masih banyak manfaat lain dari batu ini untuk kesehatan, sprititual, serta keselamatan pemakainya.

2 komentar:

  1. Batu kecubung memang banyak sekali ragam dan jenisnya. Tetapi hanya batu kecubung ungu sajalah yang hingga sekarang banyak penggemarnya. Informasi yang sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete