Home » , » Jenis Batu Cincin : Bacan Doko

Jenis Batu Cincin : Bacan Doko


Belakangan ini, masyarakat Indonesia sedang ramai-ramainya menjadi penggemar batu cincin. Banyak penjual dan pengrajin batu cincin yang mendadak kebanjiran order menyusul fenomena makin populernya batu cincin. Bagi yang memang telah lama menjadi penggemar perhiasan ini, pengetahuan tentang batu cincin pasti sudah sangat mendalam, namun bagi para penggermar yang baru mulai menggandrungi batu cincin, pastinya membutuhkan banyak pengetahuan baru mengenai batu cincin ini. Kali ini penulis akan memberikan sedikit informasi mengenai salah satu jenis batu cincin yang dewasa ini banyak diburu penggemar batu cincin Indonesia, batu ini adalah jenis bacan doko.



Batu Bacan Doko banyak ditemukan di pulau Kasiruta Maluku Utara. Tempat ditemukannya adalah di Desa Doko Kecamatan Bacan Barat, sehingga dinamai sesuai dengan tempat ditemukannya. Batu berwarna hijau ini banyak diburu para penggemar batu cincin karena keunikannya. Konon batu ini bernyawa karena dapat berubah warna dengan sendirinya seolah batu ini hidup. Bacan doko memiliki warna hijau bening dan hijau tua agak gelap, banyak penjual batu menyebutnya hijau cincau., dan jika diberi cahaya akan menghasilkan warna hijau cerah. Semakin cerah warna batu bacan doko, maka semakin mahal harga jualnya. Bacan doko berwarna hijau cincau akan lebih cepat mengalami perubahan warna. Dalam waktu 3 - 4 bulan, warna batu ini akan mulai berubah hijau dari warna sebelumnya yang agak gelap, namun tentunya dengan perawatan yang baik dan tepat.


Batu indah ini juga memiliki keunikan lainnya, konon batu ini mampu menyerap senyawa dari mineral lain yang didekatkan dengan batu ini. Misalnya anda mendekatkan batu bacan doko anda dengan emas dalam waktu yang lumayan lama, maka warna keemasan lama kelamaan akan muncul dalam batu ini. Batu bacan doko cukup populer juga di kalangan kolektor mancanegara, namun di Indonesia sendiri, batu ini mulai sangat populer sejak tahun 2005. Kini harganya pun cukup mahal, untuk batu bacan doko dengan kualitas terbaik dan keunikan tertentu, harga jualnya dapat mencapai belasan hingga jutaan rupiah. Selain jenis doko, batu bacan memiliki jenis lainnya, yakni batu bacan palamea. Untuk bahasan mengenai bacan palamea, akan dijelaskan dalam bahasan berikutnya. Semoga bermanfaat.

1 komentar: