Home » , , » 5 Batu Cincin Termahal di Dunia

5 Batu Cincin Termahal di Dunia


Sejak zaman dahulu kala, manusia telah hidup di bumi dengan memanfaatkan kekayaan alam yang terkandung di permukaan maupun di dalam perut bumi. Mulai dari makanan dan tempat tinggal sebagai kebutuhan wajib, hingga bermacam kebutuhan tambahan untuk pemuas kehidupan manusia, semuanya di dapat dari alam bumi ini. Tak terkecuali beragam perhiasan yang terbuat dari mineral-mineral yang terkadung dalam perut bumi. Salah satunya adalah batu mulia yang sering manusia gunakan untuk mempercantik perhiasan yang dibuat.
Banyak orang tergila-gila dengan batu cincin sebagai pemanis perhiasan yang dikenakan, karena setiap batu cincin memiliki jenis, keindahan, dan khasiat tertentu yang akan didapat pemakainya. Semakin unik dan langka batu cincin yang dimiliki, maka semakin elegan pula orang yang memakainya. Tak heran, untuk batu dengan keunikan yang khas, serta keberadaan yang sangat langka, harga per karatnya bisa sangat tinggi. Nah kali ini, penulis akan membrikan daftar beberapa batu cincin termahal di dunia. Apa saja batu indah nan langka itu, inilah dia daftarnya.


  • Jadeite (3 juta USD / karat)

Sempat menjadi misteri karena keberadaannya yang super langka, harga batu ini mencapai angka lebih dari 3 juta USD atau jika dirupiahkan akan mencapai sekitar 30 miliar rupiah per karatnya, fantastis! Batu permata nan indah ini dapat ditemukan di berbagai belahan dunia, dengan berbagai karakter dan warna hijau yang berbeda-beda, beberapa lokasi tempat penemuan batu jadeite antara lain California (USA), Birma/Myanmar, Selandia Baru, Guatemala, dan Itoigawa (Jepang). Batu ini merupakan permata termahal di dunia.

  • Red Diamond (2 - 2,5 juta USD / karat)

Menurut data, keberadaan batu paling langka di dunia ini hanya ada sekitar 20-30 buah saja, itulah yang membuat harga jual batu permata yang satu ini melambung tinggi. Umumnya berlian berwarna selalu menghasilkan warna pink, biru, kuning, atau hijau, dan berlian merah adalah sebuah pengecualian yang sangat langka, itulah yang membuat batu permata ini menjadi sangat spesial dan diburu para kolektor batu permata kelas dunia.

  • Serendibite (1,8 - 2 juta USD / karat)

Satu lagi batu permata yang super langka, Serendibite yang berkualitas diketahui hanya dapat ditemukan di 2 tempat saja di bumi, yakni di Sri Lanka dan Birma. Hal ini yang membuat batu permata indah ini berharga sangat tinggi di pasar perdagangan permata dunia. 

  • Blue Garnet (1,5 juta USD / karat)

Ada banyak jenis batu garnet yang tersedia di pasaran, berbagai warna dapat anda temukan, namun tak ada yang akan mengalahkan garnet berwarna biru ini. Keindahannya begitu mempesona banyak pecinta batu permata, maka tak heran harga blue garnet jauh melebihi harga garnet dengan warna lainnya. Batu ini ditemukan di Madagaskar tahun 90an.

  • Grandidierite (100.000 USD / karat)

Namanya diambil dari sang penemu Alfred Grandidier yang menemukan batu indah yang dapat menghasilkan cahaya biru, hijau, dan putih saat diberi cahaya. Batu nan indah ini ditemukan Alfred di Sri Lanka.

1 komentar: