Home » , , » Tips Memilih Batu Bacan Doko Kualitas Terbaik

Tips Memilih Batu Bacan Doko Kualitas Terbaik


Di televisi, banyak acara menyajikan bahasan dan obrolan tentang batu bacan. Di kantor-kantor, para karyawan memperbincangkan batu bacan di sela-sela waktu luangnya. Di warung-warung kopi, para pelanggan ramai berbicara mengenai batu akik yang sedang ngetrend saat ini, tak lain batu tersebut adalah bacan. Ya, batu bacan memang sedang begitu fenomenal saat ini. Popularitas batu akik asal pulau bacan di maluku ini sedang tinggi-tingginya, maka tak heran, obrolan tentang batu akik ini begitu menarik perhatian banyak orang.


Batu bacan memang memiliki karakteristik yang unik dan juga memiliki keindahan yang sedap dipandang mata. Warna hijau batu bacan begitu elegan untuk dikenakan di jari-jari tangan kita. Bacan memiliki semacam aura positif yang memberikan sebuah kebanggaan bagi para pemiliknya. Dengan nilai-nilai plus tersebut, tak heran bacan sedang begitu banyak diburu dan diincar para kolektor untuk melengkapi koleksi batu akiknya. Tak lengkap rasanya jika anda mengaku sebagai kolektor dan pecinta batu akik, namun tidak memiliki batu bacan dalam koleksi anda.


Kali ini penulis akan sedikit berbagi informasi tentang bagaimana cara memilih batu bacan doko kualitas terbaik saat anda hendak akan membeli batu nan cantik ini. Apa saja yang perlu diperhatikan jika ingin membeli batu bacan doko?
  • Perhatikan Warna
Pilih batu bacan doko dengan kualitas warna yang paling memikat hati anda. Bacan doko biasanya berwarna hijau muda hingga hijau tua. Lihat baik-baik kualitas warna yang dimiliki batu, bacan doko dengan kualitas terbaik memiliki kualitas warna yang sedap dipandang mata.
  • Tingkat Kejernihan
Bacan doko dengan kualitas terbaik memiliki tingkat kejernihan kristal yang hampir sempurna. Parhatikan dengan baik tingkat kejernihan batu bacan doko pilihan anda, namun anda harus berhati-hati juga manakala menemukan batu bacan dengan kejernihan yang sempurna, karena sangat jarang batu akik alami memiliki kejernihan kristal yang sempurna, pasti selalu ada pola atau inklusi alami dalam batu. Jika tingkat kekristalan batu belum sempurna, pilihlah batu dengan noda hitam yang tinggal sedikit.
  • Bentuk Potongan
Perhatikan dengan baik bentuk potongan batu bacan yang anda pilih. Bentuk oval dan round cabochon adalah bentuk potongan paling sempurna yang akan memperlihatkan keindahan maksimal dari batu bacan tersebut. Batu bacan dengan jenis potongan lain akan terlihat kurang indah dan akan sulit untuk dijual kembali, karena sedikit peminat.
  • Ukuran Berat atau Carat
Bacan kristal sempurna memilki berat yang cukup berat. Semakin berat sebuah batu bacan, semakin padat pula isinya dan semakin besar ukurang caratnya.

Demikian sedikit tips untuk memilih batu bacan doko kualitas terbaik. Berhati-hati dan telitilah saat membeli, karena di pasaran banyak terjadi kasus penipuan batu bacan palsu atau kualitas jelek. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment