Home » , , » Cara Menghilangkan Noda Hitam pada Bacan Doko

Cara Menghilangkan Noda Hitam pada Bacan Doko


Noda hitam pada batu akik bacan doko merupakan hal yang lazim dan biasa ditemui, namun tenang saja, noda hitam tersebut dapat dihilangkan dengan berbagai cara. Sangat jarang batu akik bacan doko berwana hijau sempurna tanpa memiliki noda hitam yang terkandung dalam inti batu. Hal itu merupakan hal yang alamiah terjadi saat pembentukan batu beribu tahun lamanya yang bereaksi dengan berbagai jenis dan bahan kimia yang banyak terdapat di alam. 


Batu bacan doko merupakan primadona pecinta dan kolektor batu akik di Indonesia. Jumlahnya yang sedikit, serta keindahan warna dan keunikan yang dimiliki batu bacan membuat batu akik asal maluku ini selalu berada di daftar atas batu unggulan asal Indonesia. Popularitasnya kini mulai mengalahkan batu akik berwarna hijau lainnya yang lebih dulu terkenal di dunia, yakni batu giok.
Untuk bacan dengan harga tinggi, kualitas warna dan keindahan dapat dipastikan akan terjamin. Namun untuk harga yang lebih murah batu bacan doko biasanya memiliki warna yang kurang sempurna, yakni adanya warna hitam berupa bercak yang menodai keindahan batu. Untuk menghilangkan noda hitam tersebut, dapat dilakukan dengan beragam cara yang dapat membantu batu bacan anda berwarna bersih dari noda hitam dan mengkristal sempurna. Cara yang dapat anda lakukan antara lain.
  • Oleskan minyak bayi atau kayu putih pada batu bacan doko anda secara merata.
  • Jemurlah batu bacan doko anda saat matahari sedang mulai naik, tepatnya pukul 10-11 pagi.
  • Gunakan piring, mangkok, atau peralatan porselen lain sebagai media untuk menjemur batu bacan anda.
  • Lakukan penjemuran secara rutin hingga terlihat proses menghilangnya warna hitam pada batu secara bertahap dari waktu ke waktu.
Jika batu bacan anda dirasa telah mengkristal sempurna dengan hanya sedikit noda hitam, sebaiknya jangan lakukan proses tadi. Lebih baik anda melakukan treatment lain yang akan membuat batu bacan doko anda menjadi lebih indah dan mengkilap.

0 komentar:

Post a Comment