Home » , , » Cara Mengeluarkan Jarong atau Warna pada Batu Akik Black Opal

Cara Mengeluarkan Jarong atau Warna pada Batu Akik Black Opal


Saat ini, batu akik jenis black opal sedang mengalami puncak popularitasnya. Istilah BO kerap diperbincangkang oleh para pecinta batu akik dimanapun dan kapanpun. Batu berwarna dasar hitam pekat ini memang terlihat biasa-biasa saja manakala warna/jarong dalam batu belum nampak keluar. Namun setelah mengalami proses panjang dan warna-warni jarong dalam batu telah keluar, siapapun yang melihat batu black opal ini dipastikan akan terpesona. Setelah jarong atau warna muncul, harga batu black opal akan meningkat pesat berlipat-lipat ganda dari harga awal sebelum batu ini berproses.


Untuk mengeluarkan warna-warni indah dalam batu black opal, diperlukan usaha yang tak mudah dan butuh waktu yang panjang tergantung dari kualitas bahan yang anda miliki. Untuk membatu anda mengeluarkan jarong/warna pada batu black opal anda, kali ini penulis akan memberi beberapa tips cara mengeluarkan warna/jarong pada black opal.

Bahan Mentah Black Opal

Saat Warna-warni Mulai Muncul

Cara yang paling umum untuk dilakukan adalah dengan cara merendam batu black opal anda. Memang butuh waktu dan proses yang cukup lama, namun jika anda melakukannya dengan sabar dan telaten, hasil yang didapat pastinya akan memuaskan. Langkah pertama adalah rendam batu black opal anda dalam air hujan dalam botol atau toples, kemudian tutup rapat-rapat. Setelah itu, jemur botol atau toples berisi rendaman batu black opal anda dalam keadaan tertutup. Lakukan langkah tersebut secara rutin dan teratur. Air isotonik juga dapat dipakai untuk menggantikan air hujan, cobalah untuk bereksperimen jika cara pertama kurang berhasil.


Adapula informasi yang menyebutkan cara mengeluarkan jarong dengan digarang di atas bara api sambil dibungkus alumunium foil, atau juga merendam batu black opal dengan air panas. Namun kedua cara tersebut tidak dianjurkan untuk anda lakukan. Tak ada hasil bagus yang mudah dan cepat didapatkan, semuanya butuh proses. Baca juga tips-tips lainnya seperti ; cara membedakan batu akik asli dan palsutips memilih bahan black opal berkualitastips membeli batu bacan berkualitas, dan masih banyak tips dan informasi bagus lainnya. Semoga bermanfaat.

1 komentar: