Home » , » Perbedaan Batu Akik Bacan Doko, Palamea, dan Obi

Perbedaan Batu Akik Bacan Doko, Palamea, dan Obi


Bacan merupakan sebuah pulau yang berada di kepulauan Maluku. Bacan merupakan pusat pemerintahan kabupaten bacan yang melingkupi banyak pulau di sekitarnya, salah satunya adalah pulau yang cukup terkenal karena hasil alamnya yang berupa batu akik, yakni pulau kasiruta. Pulau kasiruta merupakan pulau penghasil batu bacan doko dan palamea. Sedangkan satu jenis bacan lainnya yakni bacan obi berasal dari pulau Obi. Baca sejarah batu bacan.


Bagi anda yang masih awam mengenai beragam jenis batu akik, kali ini kami akan memberikan ulasan menarik yang akan menambah wawasan anda mengenai batu akik yang saat ini sedang menjadi fenomena, yakni batu bacan. Bagi para kolektor dan pecinta batu akik yang telah malang melintang di dunia batu akik sejak lama, pasti telah mengetahui dan memahami beragam jenis batu bacan dan perbedaannya. Bagi anda yang belum tahu, inilah perbedaan batu akik bacan doko, palamea, dan obi.
Batu bacan merupakan batu yang ditemukan di kepulauan maluku tepatnya di kabupaten bacan. Ada banyak jenis batu bacan, namun yang paling terkenal dan banyak dikoleksi ada 3 jenis saja, yakni doko, palamea, dan obi. Bacan doko dan palamea sendiri sebenarnya bukan berasal dari pulau bacan, melainkan dari pulau kasiruta. Sedangkan batu bacan obi berasal dari pulau obi. Semua pulau itu masuk wilayah administrasi kabupaten bacan, sehingga dinamai batu bacan. Bacan doko merupakan batu bacan dari desa doko yang memiliki karakteristik warna hijau tua kebiru-biruan, ada pula yang berwarna hijau cincau. Bacan doko sendiri merupakan batu bacan paling populer dengan harga jual paling tinggi diantara bacan lainnya. Palamea bermarna hijau muda kebiru-biruan. Bacan palamea yang telah mengkristal sangat indah dan sangat disukai para kolektor. Dan satu lagi bacan obi memiliki warna berbeda, yakni merah. Selengkapnya baca pada bahasan bacan doko, bacan palamea, dan bacan obi.
Baca juga tips-tips mengenai batu akik seperti ; cara membedakan batu akik asli dan palsucara mengeluarkan jarong black opaltips memilih bahan black opal berkualitastips membeli batu bacan berkualitas, dan masih banyak tips dan informasi bagus lainnya. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment