Home » , , » Jenis Batu Cincin : Zamrud (Emerald)

Jenis Batu Cincin : Zamrud (Emerald)


Zamrud atau juga dikenal dengan nama emerald adalah salah satu batu mulia dari jenis beryl yang sangat populer di pasaran batu permata dunia. Warnanya yang berkisar dari hijau muda hingga hijau tua menampilkan keindahan batu permata yang sangat memikat. Batu emerald ini dalam sejarah telah dipakai sebagai perhiasan sejak zaman Mesir dan India kuno. Batu kristal berwarna hijau ini telah memiliki popularitas yang tinggi sejak zaman itu, karena keindahan dan keanggunan yang dihasilkannya. Dengan penanganan yang baik dan benar, batu zamrud dapat memiliki efek cat's eye ataupun efek star, sehingga meningkatkan keindahan yang dimiliki batu permata ini.


Negara penghasil batu permata zamrud kualitas terbaik adalah Kolombia. Negara ini memiliki lokasi tambang legendaris di Muzo yang telah beroperasi sejak zaman peradaban kuno amerika. Batu zamrud yang dihasilkan tambang ini memiliki kualitas terbaik dengan warna hijau tua. Sedangkan yang paling terkenal sejak zaman dahulu berada di mesir kuno, di mana zaman Cleopatra berkuasa, batu ini menjadi primadona perhiasan bangsawan mesir kuno. Negara lain penghasil batu zamrud antara lain Brazil, Zambia, Pakistan, India, Russia, USA dan masih banyak lainnya.


Batu zamrud juga sangat populer di pasaran batu permata Indonesia, akan tetapi karena kelangkaan dan kemewahan yang dimiliki batu permata nan indah ini, batu zamrud hanya dimiliki oleh sebagian orang yang benar-benar merupakan kolektor batu mulia. Harga batu ini juga cukup tinggi, untuk kualitas terbaik dibandrol jutaan hingga puluhan juta rupiah.

2 komentar: